Si Kumis Mungil Penghasil Pundi Pundi Rupiah dari Pantai Selatan

Sindangjaya.SIdeka.Id. si kumis munggil penghasil pundi pundi rupiah dari pantai selatan menjadi trand utama selama lima tahun terakhir di Daerah Desa Sindangjaaya Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya yang nama nya biasa disebut Udang Vannamie telah menjadi Produk Unggulan Desa dalam bidang perikanan

Udang Vannamei dalam bahasa latin (Lithopenaeus vannamei) merupakan jenis udang introduksi dari amerika selatan yang banyak di budidayakan di indonesia sejak akhir 90-an untuk menggantikan udang windupenaeus monodon) yang sudah sulit di budidayakan karena serangan Virus White Spot.

Taken By Cimedang Lestari

Keunggulan udang Vannamei dibandingkan udang lainnya. lebih responsife terhadap pakan dengan kadar protein 25-30%, kemampuan adaptasi yang tinggi terhadap linggkungan suhu rendah, laju pertumbuhan yang relatife cepat pada bulan I dan Bulan II, angka kehidupan Tinggi.

menurut pengusaha udang Vannmei Desa SIndangjaya sekaligus Kepala Desa Sindangjaya H. ASEP Mulyana “Hargga udang Vannamei saat ini cukup stabil khususnya jika sudah mencapai size di bawah 60 per kilogram namun tetap harganya sangat di pengaruhi oleh kondisi global karena udang vannamei slebih banyak di eksprort“.

Tahap Penyortiran Udang

 

Sejalan dengan penuturan H. Asep Mulyana, pengusaha yang sama di bidang pertambakan udang Vannmei daerah Desa Cimanuk sekaligus Ketua BUMDES Desa Cimanuk dan BUMDESMA Sicikal HILMAN menuturkan “bahwa sekarang alhamdullilah harga lagi bagus dan udang di bawah size 60 per kilo bahkan ada yang 50 perkilogram namun panen sekarang adalah sisa iabarat namah sisa dari Musibah kemarin karena tambak yang kami miliki berada tepat di pinggir Pantai Sehingga terkena dampak Banjir ROB Laut”. tuturnya.

dengan banyak nya para penambak udang vannamei di desa sindangjaya maka sangat besar sekali menyerap Tenaga Kerja sehingga ikut mendorong program peerintah untuk tidak selalu mencari kerja ke daerah perkotaan atau Urbanisasi.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan